HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG PROFESI KEPERAWATAN DENGAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN NERS PADA SEMESTER VIII DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

WIDYA, WATI (2020) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG PROFESI KEPERAWATAN DENGAN MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN NERS PADA SEMESTER VIII DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI REVISI WIDYA WATI.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Wati, Widya. 2020. Hubungan Persepsi Mahasiswa Keperawatan Tentang Profesi Keperawatan Dengan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ners Pada Semester VIII Di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep. (2) Nurul Hikmatul Qowi, S.Kep., Ns., M.Kep Pendidikan profesi ners merupakan syarat bekerja sebagai klinisi di Rumah Sakit, hal ini wajib ditempuh mahasiswa setelah lulus dari akademik, namun banyak mahasiswa yang kurang termotivasi untuk mengikuti pendidikan ners karena kurangnya persepsi baik mahasiswa tentang profesi keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan ners pada semester VIII di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dengan teknik Simple Random Sampling didapatkan 114 responden. Variabel independen adalah persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dan variabel dependen adalah motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan ners. Instrumen yang digunakan untuk kedua variabel tersebut adalah kuisioner tertutup, Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2020. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar persepsi mahasiswa dalam kategori baik sebanyak 71 mahasiswa (62,3%) dan sebagian besar motivasi mahasiswa dalam kategori sedang sebanyak 59 mahasiswa (51,8%). Penelitian ini menggunakan program SPSS 16.0 For Windows menggunakan uji Spearmen Rank dengan nilai α=0,05 diperoleh nilai p=0,000 artinya ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang profesi keperawatan dengan motivasi melanjutkan pendidikan ners di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan mahasiswa dapat memahami profesi keperawatan lebih baik lagi dengan mencari pengalaman saat praktik dan mengikuti pelatihan-pelatihan, sehingga mahasiswa akan lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ners. Kata kunci: Persepsi, Motivasi, Pendidikan Ners

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Motivasi, Pendidikan Ners
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:29
Last Modified: 20 Nov 2021 01:08
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item