PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN TANGGAP BENCANA DENGAN METODE SIMULASI DAN TABLETOP DISASTER EXERCISE (TDE) PADA MAHASISWA SEMESTER 7 PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

NISA’ATIN, AISYIYAH (2020) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MANAJEMEN TANGGAP BENCANA DENGAN METODE SIMULASI DAN TABLETOP DISASTER EXERCISE (TDE) PADA MAHASISWA SEMESTER 7 PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI NISA'ATIN AISYIYAH.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

ABSTRAK Aisyiyah, Nisa’atin. 2020. Perbandingan Efektifitas Pembelajaran Manajemen Tanggap Bencana dengan Metode Simulasi Dan Tabletop Disaster Exercise (TDE) pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi S1 Keperawatan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Ns. Suratmi, M. Kep (2) Ns. Heny Ekawati, M. Kes. Latar Belakang : Besarnya angka kejadian korban bencana saat ini maka perawat dituntut untuk bisa memaksimalkan perannya sebagai disaster nursing dalam tanggap darurat bencana sesuai dengan standar ICN. Oleh karena itu perlu dilakukan pendidikan sejak dini pada mahasiswa keperawatan melalui pendidikan keperawatan bencana sehingga diperlukan metode yang efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektifitas pembelajaran manajemen tanggap bencana dengan metode simulasi dan TDE pada mahasiswa semester 7 program studi S1 keperawatan. Metode : pra-experimental design (static-group comparison design). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 114 responden, yang dibagi menjadi kelompok simulasi dan TDE. Hasil : Data dianalisis menggunakan uji paired t test dengan hasil adanya peningkatan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran dengan metode simulasi dengan nilai rerata 56.74 dan peningkatan hasil belajar setelah diberikan pembelajaran dengan metode TDE dengan nilai rerata 60.14. Uji independen t test menunjukkan tidak ada perbedaan efektifitas pembelajaran manajemen tanggap bencana dengan metode simulasi dan TDE dengan nilai p (0.242>0.05). Analisis : Metode simulasi dan TDE dapat meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa semester 7 program studi S1 keperawatan. Kesimpulan : Metode simulasi dan TDE dapat dikembangkan pada pembelajaran manajemen tanggap bencana untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa. Kata Kunci : Efektifitas Pembelajaran, Metode Simulasi, Metode Tabletop Disaster Exercise (TDE)

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pembelajaran, Metode Simulasi, Metode Tabletop Disaster Exercise (TDE)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 15 Jul 2020 09:23
Last Modified: 30 Dec 2021 03:50
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item