PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI IUD PADA WUS DI DESA MENGANTI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2020

Niswatul, Latifah (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI IUD PADA WUS DI DESA MENGANTI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2020. urnal Surya, 1 (2). p. 1. ISSN 1979-9128

[img] Text
Jurnal Niswatul Latifah.pdf

Download (279kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KONTRASEPSI IUD PADA WUS DI DESA MENGANTI KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2020 Niswatul Latifah*, Heny Ekawati**, Abdul Rokhman*** Introduction : Selama ini penggunaan kontrasepsi IUD pada wanita usia subur masih sangat rendah disebabkan kurangnya informasi tentang IUD. Pendidikan kesehatan metode peer group merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Masalah : Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group terhadap Pengetahuan tentang Kontrasepsi IUD pada WUS. Rancangan : Desain penelitian yakni quasi experimental dengan pendekatan non equivalent control group. Populasi 118 wanita usia subur, sampel diambil 66 wanita usia subur dan dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan kontrol yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner google form dan Uji Wilcoxon dan Uji Mann U Whitney. Analisis : Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan peer group pada kelompok perlakuan nilai Sig. p = 0,000. Pada kelompok kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai Sig. p = 0,014. Sedangkan dengan uji Mann U Whitney yang membandingkan kelompok perlakuan dan kontrol didapatkan nilai Sig. p = 0,000 dimana p < 0,05 maka terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap pengetahuan tentang kontrasepsi IUD pada WUS di Desa Menganti Kecamatan Glagah Tahun 2020. Diskusi : Berdasarkan penelitian diatas maka metode peer group menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan pengetahuan. Kata kunci : Pendidikan Kesehatan, Metode Peer Group, Pengetahuan, Kontrasepsi IUD

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KESEHATAN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 21 Jul 2020 08:47
Last Modified: 21 Jul 2020 08:47
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item View Item