PENGARUH METODE STAD TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 LAREN LAMONGAN TAHUN 2020

LOLA IRSYALINA, ZENURROTIM HAFHIDZHAH (2020) PENGARUH METODE STAD TERHADAP PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 2 LAREN LAMONGAN TAHUN 2020. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI LOLA IRSYALINA Z.H DEP.GADAR 2020.pdf

Download (4MB)

Abstraksi

ABSTRAK Hafhidzhah Zenurrotim Irsyalina, Lola. 2020. Pengaruh Metode STAD Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Syncope Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 2 Laren Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Ns. Heny Ekawati, M.Kes, (2) Ns. Suratmi, M.Kep. Syncope merupakan suatu keadaan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah kegiatan sekolah seperti upacara bendera setiap hari senin biasanya sering terjadi pada peserta didik yang mengalami syncope yang menyebabkan seseorang jatuh secara mendadak. pengetahuan yang kurang dalam melakukan pertolongan pertama syncope dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam melakukan pertolongan dan mungkin bisa mengakibatkan adanya kesalahan dalam melakukan penanganannya. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui Pengaruh Metode STAD Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Syncope Pada Siswa Kelas IX Di SMPN 2 Laren Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode Pra Eksperimental (One Group Pretest-Posttest design). Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 63 Siswa, yang diberikan intervensi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil pengumpulan data di uji menggunakan Uji Wilcoxon Sing Rank Test dengan program SPSS Versi 16,0. Hasil penelitian Menunjukan peningkatan pengetahuan sebelum diberikan intervensi pendidikan kesehatan dengan metode STAD dengan rerata 62,89 dan setelah diberikan intervensi rerata 81,21. Bedasarkan hasil Uji Wilcoxon Sing Rank Test didapatkan nilai P-value sebesar 0,000 (<α = 0,05) artinya ada pengaruh metode STAD terhadap pengetahuan pertolongan pertama Syncope pada siswa kelas IX di SMPN 2 Laren Lamongan. Bedasarkan hasil penelitian, metode STAD menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan pengetahuan tentang pertolongan pertama syncope. kata Kunci :Metode Student Teams Achievement Divisions, Pengetahuan, Syncope

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE STAD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 18 Sep 2020 07:29
Last Modified: 18 Sep 2020 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item