PENGARUH PENDIDIKAN KEBENCANAAN DENGAN METODE PLAYING MUSIC THERAPY TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG GEMPA BUMI DI MI TARBIYATUT THOLABAH KRANJI PACIRAN LAMONGAN

Alfiana Riska, Amelia (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEBENCANAAN DENGAN METODE PLAYING MUSIC THERAPY TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG GEMPA BUMI DI MI TARBIYATUT THOLABAH KRANJI PACIRAN LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-9. ISSN 1979 - 9128

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (294kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

PENGARUH PENDIDIKAN KEBENCANAAN DENGAN METODE PLAYING MUSIC THERAPY TERHADAP PENGETAHUAN SISWA TENTANG GEMPA BUMI DI MI TARBIYATUT THOLABAH KRANJI PACIRAN LAMONGAN Alfiana Riska Amelia¹, Dadang Kusbiantoro², Siti Sholikhah ³ ¹Mahasiswa Fakultas Kesehatan Muhammadiyah Lamongan ² ³Dosen Fakultas Kesehatan Muhammadiyah Lamongan Fifialfiana20@gamil.com ABSTRAK Kesiapan pengurangan resiko bencana sangat diperlukan khususnya dalam menghadapi bencana gempa bumi karena masih rendahnya pengetahuan anak sekolah dasar terkait kebencanaan. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh pendidikan kebencanaan dengan metode playing music therapy terhadapat pengetahuan siswa tentang gempa bumi MI Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Desain penelitian ini adalah pra-eksperimental design dengan pendekatan one group pretest posttest design. Populasi sebanyak 65 siswa, menggunakan teknik total sampling. Data penelitian ini diambil mengginakan kuesioner pengetahuan gempa bumi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknanaan p= < 0,05. Hasil penelitian menunjukan sebelum diberikan perlakuan 80% siswa memiliki pengetahuan tentang gempa bumi cukup baik dan setelah diberi perlakuan 87,7% siswa memiliki pengetahuan yang baik. Nilai signifikan P=0,000 artinya ada Pengaruh Pendidikan Kebencanaan dengan Metode Playing Music Therapy Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Gempa Bumi Di MI Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Untuk mengatasi masalah pengetahuan gempa bumi, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah memberikan pendidikan kebencanaan dengan metode playing music therapy. Kata kunci : Pendidikan Kebencanaan, Playing Music Therapy, Pengetahuan Gempa Bumi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KEBENCANAAN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 27 Oct 2020 09:38
Last Modified: 27 Oct 2020 09:38
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item