Ofy Yulia, Eka Prastiwi (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN PENGGUNAAN GADGET PADA KESEHATAN MATA DI SMA NEGERI 3 LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-5. ISSN 1979 - 9128
Text
jurnal ofy yulia ( dep komunitas 2 ).pdf Download (166kB) |
Abstraksi
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN PENGGUNAAN GADGET PADA KESEHATAN MATA DI SMA NEGERI 3 LAMONGAN Ofy Yulia Eka Prastiwi*, Abdul Rokhman**, Abdul Majid*** ABSTRAK Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui indra manusia, yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan menurut adalah faktor pendidikan, faktor pekerjaan, faktor pengalaman, keyakinan, sosial budaya. Semakin cukup umur tingkat kematangan seseorang akan lebih baik dalam berfikir dan bekerja. Metode: penelitian ini dengan rancangan one group pretest – posttest design, metode total sampling dengan responden 26 siswa, pengumpulan data menggunakan kuisioner pre test – post tes. Hasil penelitian dengan menggunakan program SPSS 22.0 for windows menggunakan uji Wilcoxon sing rank test dengan diperoleh nilai Z = -4,476ª, sedangkan nilai Asymp. Sig. (2tailed) diperoleh 0,000 dan α=(0,05) yang artinya Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan penggunaan gadget pada kesehatan mata di SMA Negeri 3 Lamongan. Kesimpulan : dalam penelitian ini menunjukkan ada perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Kata kunci: Gadget, pengetahuan, remaja dengan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gadget, pengetahuan, remaja dengan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 03:23 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 01:36 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1237 |
Actions (login required)
View Item |