PENGARUH PUZZLE SEBAGAI TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK RETARDASI MENTAL

LIDYA EKA, YUNI HIDAYAH (2020) PENGARUH PUZZLE SEBAGAI TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK RETARDASI MENTAL. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Skripsi_Lidya Eka Yuni Hidayah.pdf

Download (2MB)

Abstraksi

ABSTRAK Hidayah, Lidya Eka Yuni. 2020. Pengaruh Puzzle Sebagai Terapi Bermain Terhadap Tingkat Perkembangan Sosial Anak Retardasi Mental. Skripsi Literature Review Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Arifal Aris, S.Kep., Ns., M.Kes, (2) Dian Nurafifah, S.SiT., M.Kes Retardasi mental adalah suatu keadaan dimana anak mengalami suatu keterbatasan yang bermakna baik dalam fungsi intelektual maupun perilaku adaptif yang diekspresikan dalam keterampilan konseptual, sosial dan praktis. Anak yang mengalami retardasi mental akan mempengaruhi perkembangan sosialnya, salah satu intervensi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak yaitu dengan puzzle sebagai terapi bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh puzzle sebagai terapi bermain terhadap tingkat perkembangan sosial anak retardasi mental. Penelusuran jurnal nasional dan internasional dengan keyword dan menggunakan mesin pencarian 1) DOAJ (Directpry of Open Access Journals) 2) OAL (Open Access Library) 3) ARC Journals 4) Google Scholar. Dari penelusuran diseleksi hingga mendapatkan 10 jurnal yang di review. Didapatkan beberapa intervensi didalam review ini yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak retardasi mental. Dengan intervensi terapi bermain, terapi bermain puzzle, pola asuh orang tua, psikoedukasi keluarga dan keterampilan sosial. Banyak intervensi yang telah dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan sosial anak salah satunya adalah puzzle sebagai terapi bermain. Kata kunci: Puzzle, terapi bermain, perkembangan sosial, retardasi mental.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: PUZZLE
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 02 Nov 2020 05:30
Last Modified: 02 Nov 2020 05:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item