HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI IKLAN OBAT NYERI KEPALA DENGAN TINDAKAN PENGGUNAAN OBAT NYERI KEPALA DI DUSUN KEPUTRAN DESA DINOYO KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN

Afifah, Nurrohmah (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI IKLAN OBAT NYERI KEPALA DENGAN TINDAKAN PENGGUNAAN OBAT NYERI KEPALA DI DUSUN KEPUTRAN DESA DINOYO KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-8. ISSN 1979 - 9128

[img] Text
Jurnal Afifah Nurrohmah.pdf

Download (382kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI IKLAN OBAT NYERI KEPALA DENGAN TINDAKAN PENGGUNAAN OBAT NYERI KEPALA DI DUSUN KEPUTRAN DESA DINOYO KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN Afifah Nurrohmah, Devi Ristian O, Imanda Dyah R Program Studi Diploma Farmasi Universitas Muhammadiyah Lamongan Email : afifahnurrohmah10@gmail.com ABSTRAK Dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2014 menggambarkan bahwa presentase penduduk yang melakukan pengobatan diri sendiri karena keluhan kesehatan yang dialami sebesar 61,05%, dan hal ini menunjukkan bahwa perilaku pengobatan diri sendiri di Indonesia cukup besar. Salah satu faktot yang mempengaruhi masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri yaiu iklan yang ada di media massa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya Hubungan Tingkat Pengetahuan Mengenai Iklan Obat Nyeri Kepala Dengan Tindakan Penggunaan Obat Nyeri Kepala Di Dusun Keputran Desa Dinoyo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini merupakan observasional menggunakan studi korelasi analitik dengan pendekatan Cross-Sectional, menggunakan kuesioner dengan jumlah 263 responden yang dipilih secara Purposive Sampling di masyarakat Dusun Keputran Desa Dinoyo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat signifikasi (α) = 0,05 Hasil penelitian menunjukan terdapat Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Mengenai Iklan Obat Nyeri Kepala Dengan Tindakan Penggunaan Obat Nyeri Kepala dengan tingkat signifikasi (α) = 0,000. Karena dari hasil penelitian tersebut terlihat bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik yaitu 241 responden (91,64%). 224 diantaranya sudah memiliki tindakan yang baik, 16 lainnya sudah memiliki tindakan yang cukup dan 1 lainnya yang memiliki tindakan yang kurang. Sebagian responden memiliki pengetahuan yang cukup yaitu 21 responden (7,98%), 11 diantaranya memiliki tindakan yang baik, 8 lainnya memiliki tindakan yang cukup dan 1 lainnya memiliki tindakan yang kurang. Dan sebagian kecil responden memiliki pengetahuan yang kurang yaitu terdapat 1 responden (0,38%), yaitu hanya 1 responden yang memiliki tindakan yang kurang.. Kata Kunci : Pengobatan Sendiri, Nyeri Kepala, Iklan Obat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI IKLAN OBAT NYERI KEPALA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:45
Last Modified: 15 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item