PERBEDAAN EFEKTIFITAS METODE KONVENSIONAL DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BASIC LIFE SUPPORT PADA ANGGOTA PALANG MERAH REMAJA DI SMAN 1 NGIMBANG

Faizatiwahida, Novia (2020) PERBEDAAN EFEKTIFITAS METODE KONVENSIONAL DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BASIC LIFE SUPPORT PADA ANGGOTA PALANG MERAH REMAJA DI SMAN 1 NGIMBANG. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Jurnal Novia Faizati.doc

Download (109kB)

Abstraksi

ABSTRAK Faizatiwahida, Novia. 2020. Perbedaan Efektifitas Metode Konvensional dan Explicit Instruction Terhadap Pengetahuan Tentang Basic Life Support Pada Anggota Palang Merah Remaja di SMAN 1 Ngimbang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Ns. Suratmi, M.Kep. (2) Ns. Heny Ekawati, M.Kes Latar Belakang : Basic Life Support (BLS) adalah tindakan untuk menyelamatkan nyawa ketika terjadi henti jantung. Henti jantung merupakan kejadian yang menyebabkan kematian terbesar nomor satu di dunia. Di Indonesia pengetahuan BLS masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas metode konvensional dan explicit instruction terhadap pengetahuan tentang Basic Life Support pada anggota Palang Merah Remaja di SMAN 1 Ngimbang. Metode : Menggunakan metode pra eksperimental (Twe group pre test and post test design). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 responden, yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil pengumpulan data di uji menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney dengan program SPSS Versi 16. Hasil : Menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan setelah diberikan metode konvensional dengan rerata pengetahuan 81.62 dan peningkatan pengetahuan setelah diberikan metode explicit instruction dengan rerata pengetahuan 88. Uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara metode konvensional dan explicit instruction terhadap pengetahuan tentang basic life support dengan nilai p (0.002<0.05). Analisis : Metode Konvensional dan Explicit Instruction mampu meningkatkan pengetahuan anggota palang merah remaja tentang basic life support. Kesimpulan: Untuk perawatan kesehatan agar memilih metode ini dalam memberikan informasi tentang topik lain dari pendidikan kesehatan. Kata Kunci : Metode Konvensional, Metode Explicit Instruction, Pengetahuan, Basic Life Support

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:02
Last Modified: 15 Dec 2020 03:02
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item