PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERAN PETUGAS KEFARMASIAN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT TANPA RESEP DI APOTIK ALAM KEMBANGBAHU

Amilia, Yulia Sari (2021) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PERAN PETUGAS KEFARMASIAN DALAM PELAYANAN INFORMASI OBAT TANPA RESEP DI APOTIK ALAM KEMBANGBAHU. kti thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Jurnal Amilia Yulia Sari.pdf

Download (196kB)

Abstraksi

ABSTRAK Amilia yulia sari, 2020. Persepsi Konsumen Terhadap Peran Petugas Kefarmasian Dalam Pelayanan Informasi Obat tanpa Resep di Apotek Alam Kembangbahu. Karya tulis ilmiah Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. (1) Devi Ristian Octavia, S.Farm., M.Farm., Apt. (2) Ratih Indah Kartikasari, SST., M.Kes. Persepsi merupakan cara pandang seseorang terhadap suatu objek tertentu dengan cara yang berbeda-beda dengan menggunakan alat indera yang dimiliki, kemudian berusaha untuk menafsirkannya. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Apotek adalah suatu tempat tertentu, tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan kesehatan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur persepsi konsumen terhadap dimensi kehandalan (reability), ketanggapan (responsivenes), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan penampilan (tangible), dari pelayanan kefarmasian pada Apotek Alam Kembangbahu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner sebagai instrumen penelitian. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling, dan didapatkan sampel yang diteliti sebanyak 222 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 222 responden maka diperoleh ke simpulan, tingkat persepsi terhadap dimensi jaminan 53% responden menyatakan cukup baik, dan dimensi empati 49% responden menyatakan baik, dan dimensi ketanggapan 63% responden menyatakan cukup baik, dimensi berwujud 43,2% responden menyatakan cukup baik, dan dimensi kehandalan 52% responden menyatakan cukup baik. Persepsi cukup baik yang paling banyak adalah dimensi daya tanggap sebanyak 63%. Kata Kunci : Persepsi, Pelayanan Kefarmasian, Apotek

Item Type: Thesis (kti)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:39
Last Modified: 19 Jan 2021 02:39
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item