GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI UPT PUSKESMAS TURI KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

INDAH, RAHAYU NINGSIH (2021) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI UPT PUSKESMAS TURI KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. kti thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Indah Rahayu Ningsih_1802050187.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Indah Rahayu Ningsih. 2021. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di UPT Puskesmas Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Karya Tulis Ilmiah Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. (1) apt. Muhtaromah, S.Si., Sp. FRS. (2) Ati’ul Impartina, S.ST., M. Kes. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan presepsi antara harapan dan kenyataan. Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau bertambah buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di UPT Puskesmas Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Desain Penelitian ini bersifat deskriptif. Dimana metode sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Sampel penelitian di UPT Puskesmas Turi Lamongan sebanyak 90 pasien dengan menggunakan kuesioner pada bulan maret 2021. Pengolahan data menggunakan sistem editing, coding, scoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di UPT Puskesmas Turi Kabupaten Lamongan berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sebagian kecil 3 pasien (3%) menyatakan tidak puas, dan sebagian besar 47 pasien (52%) menyatakan puas. Melihat hasil penelitian ini maka masih ada yang harus diperbaiki seperti fasilitas ruang tunggu sebaiknya dibedakan untuk pengambilan obat agar pasien dapat menerima informasi obat dengan baik. Kata Kunci : Tingkat kepuasan pasien, pelayanan informasi obat dan puskesmas.

Item Type: Thesis (kti)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepuasan pasien, pelayanan informasi obat dan puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:18
Last Modified: 21 Sep 2021 04:18
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item