TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MOROPELANG KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

NINDIA MEI, PERMANTI (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MOROPELANG KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN. kti thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Nindia Mei Permanti_1802050188.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Nindia Mei P. 2021. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Karya Tulis Ilmiah Program Studi D3 Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) apt. Muhtaromah, S.Si., Sp.FRS. (2) Dian Nurafifah, S.Si T, M.Kes. Pelayanan kefarmasian di Puskesmas adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang dimaksud. Tingkat kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Berdasarkan lima indikator dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan (reability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti fisik (tangible). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Desain Penelitian bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini adalah pasien BPJS di Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan sebanyak 90 pasien dengan metode teknik purposive sampling. Pengolahan data menggunakan sistem editing, coding, scoring dan tabulating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah sebagian kecil 4 pasien (4%) menyatakan tidak puas, dan sebagian besar 54 pasien (60%) menyatakan puas. Melihat hasil penelitian ini maka masih ada yang harus diperbaiki seperti petugas kurang memberikan informasi nama obat sebaiknya petugas farmasi lebih memperhatikan untuk selalu memberikan informasi mengenai fungsi obat dan menjelaskan efek samping dari masing-masing obat yang diberikan. Selain itu juga memberikan edukasi kepada pasien tentang pentingnya komponen tersebut agar tercapainya obat yang rasional. Kata Kunci : pelayanan kefarmasian, puskesmas, tingkat kepuasan pasien

Item Type: Thesis (kti)
Uncontrolled Keywords: pelayanan kefarmasian, puskesmas, tingkat kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:57
Last Modified: 22 Sep 2021 01:57
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item