HUBUNGAN STRES SITUASIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA SEMESTER VI PRODI S1 KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

AISYAH, PUTRI (2021) HUBUNGAN STRES SITUASIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA SEMESTER VI PRODI S1 KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Skripsi Aisyah Putri.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Putri, Aisyah. 2021. Hubungan Stres Situasional dengan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Daring Mahasiswa Semester VI Prodi S1 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Moh. Saifudin, S.Kep., Ns., S.Psi., M.Kes., (2) Hj. Siti Sholikah, S.Kep., Ns., M.Kes., Pembelajaran Daring yang dilakukan selama pandemi Covid-19 dapat menyebabkan stres situasional yang parah, sehingga motivasi belajar mahasiswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan stres situasional dengan motivasi belajar pada pembelajaran daring mahasiswa Semester VI Prodi S1 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional, dengan teknik Stratified Random Sampling didapatkan 110 responden. Data penelitian ini diambil dengan memilih mahasiswa secara acak dengan cara menggunakan lotre yang berisi nomor absen mahasiswa. Nomor absen mahasiswa yang muncul merupakan responden. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan Uji Spearman Rank (Rho) dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil Penelitian ini menunjukkan hampir seluruh mahasiswa mengalami stres situasional parah (82%) sebanyak 90 dan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (64%) sebanyak 70. Sedangkan dari hasil uji statistik diperoleh nilai p= 0,01 (p<0,05), artinya ada hubungan stres situasional dengan motivasi belajar pada pembelajaran daring mahasiswa semester VI Prodi S1 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Untuk mengatasi masalah stres situasional, diperlukan pengelolahan stres secara baik sehingga dapat menstimulus motivasi belajar. Kata Kunci : Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa Stres Situasional, Motivasi Belajar, Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 23 Sep 2021 06:51
Last Modified: 23 Sep 2021 06:51
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item