PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA NON KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN DALAM PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN

DEVI SRI, WAHYUNI (2021) PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA NON KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN DALAM PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
DEVI SRI WAHYUNI _ 1702012446_GADAR.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Sri Wahyuni, Devi. 2021. Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Non Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan Dalam Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Nur Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Abdul Rokhman, S. Kep., Ns., M. Kep. Pertolongan pertama merupakan usaha untuk menangani korban dengan segera mungkin di tempat kejadian yang harus diberikan tindakan secara cepat dan tepat. Banyak kecelakaan dengan kondisi perdarahan, luka-luka, pingsan dan lain-lain yang di luar rumah sakit diberikan pertolongan dengan teknik yang salah dalam memberikan pertolongan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan mahasiswa non kesehatan dalam pertolongan pertama pada kecelakaan. Desain penelitian ini menggunakan Pra-Eksperimental One group pre-post test design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa non kesehatan Universitas muhammadiyah Lamongan sebanyak 118. Sampel penelitian sejumlah 66, diambil secara Cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan secara online zoom pada april 2021. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video edukasi tentang pertolongan pertama selama 5 menit frekuensi 1 kali. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji Paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian video edukasi (p = 0.001). Video edukasi lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Video ini dapat diaplikasikan pada mahasiswa karena menarik, isinya konsisten dan bisa diberikan secara online apalagi di era pandemi. Peneliti merekomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan sampel yang lebih besar dengan kelompok kontrol dan intervensi pembanding lain. Kata Kunci: mahasiswa non kesehatan, pengetahuan, video edukasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa non kesehatan, pengetahuan, video edukasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:23
Last Modified: 27 Sep 2021 07:23
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item