PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 KARANGBINANGUN

DEVI, YUNIARTI (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE PEER GROUP TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 1 KARANGBINANGUN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
8A Devi Yuniarti.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Devi Yuniarti 2021. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Terhadap Kemampuan Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Remaja Putri Di SMA Negeri 1 Karangbinangun. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Arifal Aris, S.Kep., Ns., M.Kes (2) Dadang Kusbiantoro, S.Kep., Ns., M.Si. Selama ini kemampuan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri masih sangat rendah disebabkan kurangnya informasi tentang SADARI. Pendidikan kesehatan metode peer group merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group terhadap Kemampuan Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Remaja Putri. Desain penelitian yaitu True Experiment dengan pendekatan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi 146 siswi kelas XI, sampel diambil 106 siswi kelas XI dan dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan kontrol yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data diambil menggunakan lembar observasi dan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan peer group pada kelompok perlakuan nilai Sig. p = 0,000. Pada kelompok kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai Sig. p = 0,000 dimana p < 0,05 maka terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap kemampuan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada remaja putri di SMA Negeri 1 Karangbinangun tahun 2021. Berdasarkan penelitian di atas, maka metode peer group menjadi salah satu alternatif yang paling efektif dan direkomendasikan dalam meningkatkan kemampuan. Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Metode Peer Group, Kemampuan, SADARI

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Metode Peer Group, Kemampuan, SADARI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:35
Last Modified: 27 Sep 2021 07:35
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item