PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI DAN SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN TRUCUK 1 PADA BENCANA BANJIR DI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO

DWI PUTRI, RAHAYU (2021) PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI DAN SIMULASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN TRUCUK 1 PADA BENCANA BANJIR DI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI DWI PUTRI R (1702012402).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Dwi, Putri Rahayu. 2021. Pengaruh edukasi video animasi dan simulasi terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa SDN Trucuk 1 Pada Bencana Banjir di Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhhamadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Nur Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep, (2) Abdul Rokhman, S.Kep., Ns, M.Kep Anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan apabila menghadapi sebuah bencana karena keterbatasan pemahaman resiko di sekeliling mereka. Pemberian edukasi penting untuk siswa SD dalam pengurangan resiko bencana. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi video animasi dan simulasi bencana banjir terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa SDN Trucuk 1 pada bencana banjir. Desain penelitian menggunakan Pre Eksperimental one group pre-post test pada 60 siswa SD yang diambil secara Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan di SDN Trucuk 1 Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro pada April 2021. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video animasi secara offline tentang bencana banjir dan simulasi dalam kelompok kecil. Data penelitian diambil melalui kuesioner dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji Paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan siswa sebelum dan sesudah perlakuan (p=0.001) dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kesiapsiagaan siswa sebelum dan sesudah perlakuan (p=0.001). Simulasi dan video animasi terbukti lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan dibandingkan hanya menggunakan satu metode saja. Diharapkan peneliti selanjutnya meneliti lebih lanjut dengan menggunakan desain lebih baik, sampel yang lebih besar, dan kelompok kontrol. Kata Kunci : Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Simulasi, Siswa, Video Animasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Simulasi, Siswa, Video Animasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:38
Last Modified: 27 Sep 2021 08:38
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item