PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI DESA PLUMPANG RW 09 TUBAN

Alvi, Maghfiroh (2020) PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI DESA PLUMPANG RW 09 TUBAN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Bagian depan.pdf

Download (245kB)

Abstraksi

ABSTRAK Toilet training atau latihan untuk berkemih dan defekasi adalah tugas berkembang anak usia toddler. Di Desa Plumpang, anak yang telah memasuki usia toddler ada yang masih mempunyai kebiasaan mengompol. Hal ini menunjukkan terjadi kegagalan dalam toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain peran terhadap keberhasilan toilet training. Desain yang digunakan “Quasy eksperimen” (one group pretest-posttest design), teknik sampling digunakan Simple Random Sampling dengan uji Wilcoxon. Populasi 34 anak dan sampel 32 anak usia toddler yang berada di desa Plumpang pada bulan Mei-Juni 2016. Pengambilan data dengan lembar observasi yang dikonfirmasikan dalam bentuk presentase dan narasi. Berdasarkan hasil penelitian pre eksperimen didapatkan sebagian besar (56%) anak cukup berhasil dan sebagian kecil (13%) anak berhasil. Sedangkan post eksperimen didapatkan sebagian besar (63%) anak cukup berhasil dan sebagian kecil (9%) anak belum berhasil. Hasil penelitian didapatkan Z= -3.464 dengan signifikan p≤0,001 (p<005) maka H1 diterima, artinya terdapat pengaruh bermain peran terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia toddler. Penelitian ini dapat memberikan masukan bagi orang tua agar mengajarkan toilet training dengan cara memperagakan langsung cara toilet training karena dapat mempermudah anak untuk memahami. Kata Kunci: Bermain Peran, Toilet Training, Usia Toddler

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:49
Last Modified: 18 Mar 2020 06:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item