PENGARUH TERAPI MEWARNAI TERHADAP PENURUNAN STRESS DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA DAN SISWI KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SUGIO

CINTHYA RATNA, SARI DEWI (2020) PENGARUH TERAPI MEWARNAI TERHADAP PENURUNAN STRESS DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA DAN SISWI KELAS XII DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SUGIO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Lampiran Depan.pdf

Download (885kB)

Abstraksi

ABSTRAK Dewi, Cinthya Ratna Sari. 2016. Pengaruh Terapi Mewarnai Terhadap Penurunan Stress Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Dan Siswi Kelas XII Di SMA Muhammadiyah 10 Sugio. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Hj. Siti Sholikah, S.Kep., Ns, M.Kes. (2) Amirul Amalia, S.SiT., M.Kes. Ujian Nasional sering menjadi masalah bagi siswa maupun siswi tingkat akhir. Ujian Nasional menjadi stressor bagi mereka, sehingga banyak dari mereka yang mengalami stress. Dari survey awal yang dilakukan, didapatkan masalah penelitian adalah masih tingginya siswa dan siswi yang stress dalam menghadapi Ujian Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh terapi mewarnai terhadap penurunan stress dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa dan siswi kelas XII di SMA Muhammadiyah 10 Sugio. Desain penelitian menggunakan pra-experiment one group pretest-posttest design. Populasinya adalah seluruh siswa dan siswi kelas XII di SMA Muhammadiyah 10 Sugio pada bulan Februari sampai April 2016 sebanyak 34 siswa dan siswi. Sampelnya adalah sebagian siswa da siswi kelas XII di SMA Muhammadiyah 10 Sugio pada bulan Februari sampai April 2016 sebanyak 32 siswa dan siswi. Teknik sampling menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen dalam penelitian menggunakan perlakuan pemberian media mewarnai dan lembar observasi. Data penelitian dianalisa menggunakan uji Paired t-test dengan taraf signifikansi (p)<0,05. Hasil penelitian sebelum terapi mewarnai menunjukkan sebagian besar mengalami stress ringan yaitu sebanyak (59,4%) atau 19 siswa dan siswi dan sesudah terapi mewarnai menunjukkan sebagian besar siswa dan siswi normal yaitu sebanyak (71,9%) atau 23 siswa dan siswi. Hasil uji Paired t-test didapatkan nilai t=18,940 dan p=0,000 dimana p<0,05 maka terdapat pengaruh terapi mewarnai terhadap penurunan stress dalam menghadapi Ujian Nasional pada siswa dan siswi kelas XII di SMA Muhammadiyah 10 Sugio. Melihat hasil penelitian, maka perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang terapi mewarnai untuk dapat lebih bermanfaat bagi siswa dan siswi kelas XII yang menghadapi Ujian Nasional. Kata Kunci : Stress, Terapi Mewarnai, Media Pewarna

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stress, Terapi Mewarnai, Media Pewarna
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 21 Mar 2020 01:13
Last Modified: 17 Sep 2021 08:50
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item