PENGARUH METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK SURYA BARU DESA PLOSOWAHYU KABUPATEN LAMONGAN

YULIES, SUHARTINI (2020) PENGARUH METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK SURYA BARU DESA PLOSOWAHYU KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Suhartini, Yulies. 2016. Pengaruh Metode Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Surya Baru Desa Plosowahyu Kabupaten Lamongan. Skripsi program studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : (1) Lilis Maghfuroh, S.Kep,Ns.,M.Kes. (2) Hj.Andri Tri K.N S,ST.,M.Kes. Masa prasekolah adalah masa-masa untuk bermain dan mulai memasuki taman kanak-kanak, dimana pada masa kanak-kanak ini merupakan masa peningkatan perkembangan motorik halus anak. Motorik halus adalah gerakan yang dilakukan oleh sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari. Faktor yang mempengaruhi motorik halus salah satunya adalah metode puzzle. Pada survey awal didapatkan hampir sebagian anak mengalami perkembangan motorik suspect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak pra sekolah di TK Surya Baru Plosowahyu Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan one-group pra-post test design tanpa control dan prosedur analisis statistik menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kepercayaan 95% dan α : 5%. Populasi seluruh anak TK Surya Baru adalah sebanyak 50 anak dan Jumlah sample dalam penelitian adalah 40 anak dengan tehnik Simple Random Sampling. Setelah data terkumpul dilakukan Editing, Coding, Scoring, Tabulating, Uji statistik, selanjutnya dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh intervensi metode bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah diketahui bahwa nilai Z = -3.464a dan p sign = 0,001 dimana nilai Z hitung lebih besar dari Z tabel dan nilai signifikan p < 0,05 maka H1 diterima artinya ada pengaruh metode bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak pra sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan terapi puzzle pada anak karena dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Kata kunci : Perkembangan motorik halus, puzzle, Anak Prasekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan motorik halus, puzzle, Anak Prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 26 Mar 2020 06:41
Last Modified: 29 Sep 2021 08:59
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item