PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENTS CENTERED LEARNING (SCL) PADA METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI SISTEM RESPIRASI MAHASISWA SEMESTER II B STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN

ZUDIA, FAIZATIN (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENTS CENTERED LEARNING (SCL) PADA METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI SISTEM RESPIRASI MAHASISWA SEMESTER II B STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (533kB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Zudia Faizatin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Students Centered Learning (SCL) Pada Metode Small Group Discussion (SGD) Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Sistem Respirasi Mahasiswa Semester II B STIKES Muhammadiyah Lamongan Tahun 2016. Skripsi, Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : (1) M. Bakri Priyodwi A, M.Kep (2) Ns. Suratmi, M.Kep. Sistem pembelajaran Students centered learning (SCL) merupakan bagian dari pada metode Small group discussion (SGD) yang merupakan model pembelajaran yang menekankan pada minat, kebutuhan dan kemampuan individu, model belajar yang menggali motivasi intrinsik untuk membangun masyarakat yang suka dan selalu belajar dengan menuntut keaktivan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Students centered learning (SCL) pada metode Small group discussion (SGD) terhadap tingkat pemahaman materi sistem respirasi mahasiswa semester II B STIKES Muhammadiyah Lamongan. Desain penelitian menggunakan pra Eksperimental dengan pendekatan one-group Pretest-posttest Design, dengan populasi seluruh mahasiswa semester II B sebanyak 51 responden dengan menggunakan Total samping. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner tertutup dan dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan hampir seluruh (98%) mahasiswa memiliki tingkat pemahaman yang baik setelah diberikan pembelajaran Students centered learning (SCL) pada metode Small group discussion (SGD) dengan nilai Z : -3,176 dan signifikan p : 0,001, hal ini berarti ada pengaruh pembelajaran Students centered learning (SCL) pada metode Small group discussion (SGD) terhadap tingkat pemahaman materi sistem respirasi mahasiswa semester II B STIKES Muhammadiyah Lamongan. Diharapakan mahasiswa dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Students centered learning (SCL) pada metode Small group discussion (SGD) dan tidak memiliki rasa takut dalam berinteraksi maupun berpendapat di depan dosen, sehingga mahasiswa mampu memahami materi yang disampaikan dengan baik. Kata Kunci : Pembelajaran Students centered learning (SCL), Small group discussion (SGD), Tingkat pemahaman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Students centered learning (SCL), Small group discussion (SGD), Tingkat pemahaman
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 26 Mar 2020 06:53
Last Modified: 29 Sep 2021 09:12
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item