HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI DARI KELUARGA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI SDN TAMBAK PLOSO KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN

ENGGAR, SEPTIORO (2020) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI DARI KELUARGA DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI SDN TAMBAK PLOSO KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (425kB)

Abstraksi

ABSTRAK Konsentrasi merupakan keadaan pikiran atau asosiasi terkondisi yang di aktifkan oleh sensasi di dalam tubuh. Untuk mengaktifkan sensasi dalam tubuh perlu keadaan yang rileks dan suasana yang menyenangkan, karena dalam keadaan tegang seseorang tidak dapat menggunakan otaknya dengan maksimal karena pikiran yang menjadi kosong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan lingkungan belajar dan motivasi dari keluarga dengan tingkat konsentrasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah analitik untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi dari keluarga dengan tingkat konsentrasi belajar siswa dengan pendekatan cross sectional. Populasinya seluruh siswa kelas 6 di SDN Ta,bak Ploso. Sampelnya sebanyak 29 siswa. Menggunakan metode total sampling. Variabel independennya lingkungan belajar dan motivasi dari keluarga. Variabel dependen konsentrasi belajar. Setelah ditabulasi data dianalisis dengan menggunakan uji Spearmen. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa siswa yang lingkungan belajarnya sangat baik tingkat konsentrasinya tinggi sebanyak 4 siswa (100.0%), sebagian kecil siswa yang lingkungan belajarnya baik konsentrasi belajarnya tinggi sebanyak 2 siswa (13,3%), hampir seluruhnya siswa yang lingkungan belajarnya baik konsentrasi belajarnya sedang sebanyak 13 siswa (86,7%), hampir sebagian siswa yang lingkungan belajarnya kurang tingkat konsentrasinya sedang sebanyak 4 siswa (40%) dan siswa yang lingkungan belajarnya kurang tingkat konsentrasinya rendah sebanyak 6 siswa (60%). Perlu adanya penegetahuan tentang lingkungan yang baik dan motivasi yang baik dari keluarga untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Kata kunci : Lingkungan, Belajar, Motivasi, Keluarga, Konsentrasi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 09 Apr 2020 07:27
Last Modified: 09 Apr 2020 07:27
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item