PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI SECARA RUTIN PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK HARAPAN CUNGKUP KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN

FIFI, AGUSTIA ONGKY P. (2020) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI SECARA RUTIN PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI TK HARAPAN CUNGKUP KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Depan new.pdf

Download (527kB)

Abstraksi

ABSTRAK Agustia, Fifi Ongky P. 2017. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kebiasaan Menggosok Gigi Secara Rutin Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di TK Harapan Cungkup Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Skripsi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing 1: Lilis Maghfuroh, S.Kep., Ns., M.Kes. Pembimbing 2: Sulistiyowati, S.ST., M.Kes Usia pra sekolah merupakan usia penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. Memelihara kesehatan gigi sangat penting untuk memperoleh kesehatan tubuh khususnya pada anak-anak. Menurut survey awal didapat angka kejadian menggosok gigi yang tidak rutin pada anak usia 3-6 tahun masih banyak di TK Harapan Cungkup Pucuk Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kebiasaan menggosok gigi secara rutin pada anak usia 3-6 tahun di TK Harapan Cungkup Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan. Desain penelitian ini Pra Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Populasinya Seluruh orang tua yang mempunyai anak usia 3-6 tahun sebanyak 30 anak dengan teknik sampling total sampling. Variabel independennya metode bercerita dan variabel dependennya keteraturan menggosok gigi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan dari 10 responden yang menggosok gigi secara teratur sebelum pemberian metode bercerita, seluruhnya (100%) tetap menggosok gigi secara teratur setelah pemberian metode bercerita. Dari 20 yang menggosok gigi secara tidak teratur sebelum pemberian metode bercerita, hampir seluruhnya (80%) menggosok giginya menjadi teratur. Dari uji paired-t Test dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh nilai thitung = 5,757 dan ρ= 0,000 (ρ<0.05), sedangkan ttabel = 1.699 dan thitung > ttabel sehingga H1 diterima yang berarti ada Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kebiasaan Menggosok Gigi Secara Rutin Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di TK Harapan Cungkup Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan.. Perlu ditekankan pada anak untuk selalu menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi dengan teratur dan benar supaya tetap bersih dan terhindar penyakit. Kata kunci: bercerita, keteraturan menggosok gigi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 13 Apr 2020 02:20
Last Modified: 13 Apr 2020 02:20
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item