PENGARUH PEMBERIAN TERAPI BERMAIN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB NEGERI LAMONGAN

Khoirul, Waritzin (2020) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI BERMAIN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB NEGERI LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
bagian awal.pdf

Download (715kB)

Abstraksi

ABSTRAK Waritzin, Khoirul. 2017. Pengaruh Pemberian Terapi Bermain Terhadap Ineraksi Sosial Pada Anak Retardasi Mental Di SDLB Negeri Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : 1) Moh. Saifudin, S.Kep., Ns., S.Psi., M. Kes (2) Abdul Rokhman, S.Kep., Ns., M.Kep Penderita keterbelakangan mental memiliki fungsi intelektual umum yang secara signifikan barada dibawah rata-rata dan kondisi tersebut memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial anak, kognitif anak, perkembangan psikoseksual anak, perkembangan moral anak dan perkembangan psikososial. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian terapi bermain terhadap interaksi sosial pada anak retardasi mental di SDLB Negeri Lamongan. Desain penelitian one-grup pra-post design. Populsi dari penelitian ini sebanyak 36 anak dengan metode total sampling. Sampelnya sebanyak 36 anak, data diambil dengan menggunakan kuisioner. Setelah di tabulasi data yang ada dianalisa dengan menggunakan uji Paried t test dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan skor interaksi sosial pada anak retardasi mental di SDLB Negeri Lamongan, skor rata-rata sebelum terapi bermain adalah 44,5 (interaksi sosialnya rendah) sedangkan skor rata-rata setelah terapi bermain adalah 57,4 (interaksi sosialnya sedang). Berdasarkan hasil uji Paried t test, didapat nilai t sebesar -6,023 dengan tingkat signifikansi 0,000 sehingga ada pengaruh pemberian terapi bermain terhadap interaksi soasial pada anak retardasi mental di SDLB Negeri Lamongan. Dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi bermain kepada anak retardasi mental sangat efektif oleh karena itu terapi bermain baik dilanjutkan untuk peningkatan interaksi sosial pada anak retardasi mental. Kata Kunci: Terapi Bermain, Interaksi Sosial, Retardasi Mental, Anak

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 14 Apr 2020 02:17
Last Modified: 14 Apr 2020 02:17
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item