PENGARUH VISUAL AUDITORY TERHADAP TOILET TRAINING PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RA PERWANIDA 3 SUKOANYAR TURI

ROFIQOH, ATIKAH IZAMI (2020) PENGARUH VISUAL AUDITORY TERHADAP TOILET TRAINING PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RA PERWANIDA 3 SUKOANYAR TURI. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (652kB)

Abstraksi

ABSTRAK Izami, Rofiqoh Atikah. Pengaruh Visual Auditory Terhadap Toilet Training Pada Anak Prasekolah Di RA Perwanida 3 Sukoanyar Turi. Skripsi STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing 1) Lilis Maghfuroh, S.Kep.,Ns.,M.Kes. 2) Hj. Andri Tri Kusumanigrum, S.SiT.,M.Kes. Toilet training atau latihan untuk BAB dan BAK merupakan tugas besar pada anak prasekolah. Masih tingginya anak presekolah yang menggunakan diapres di RA Perwanida 3 Sukoanyar Turi, sehingga anak belum berhasil dalam toilet training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh visual auditory terhadap toilet training pada anak prasekolah. Desain yang digunakan “Pre-Eksperimental” (One-Group Pretest-Posttest Design), Populasi 55 anak dengan sampel 49 anak menggunakan teknik sampling yaitu Simple Random Sampling dengan Uji Wilcoxon pada bulan September 2016-Mei 2017. Pengambilan data menggunakan kuesioner dikonfirmasikan dalam bentuk prosentase dan narasi. Hasil penelitian didapatkan Z=-2.887a dengan signifikan p=0.004 dimana (p<0.05). Maka H1 diterima, artinya terdapat pengaruh visual auditory terhadap toilet training pada anak prasekolah. Penelitian ini dapat memberikan masukan bagi orangtua untuk mengajarkan toilet training dengan visual auditory agar anak dapat memahami lebih mudah dan menarik. Kata Kunci: Toilet Training, Visual Auditory.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 15 Apr 2020 06:17
Last Modified: 15 Apr 2020 06:17
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item