HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUKODADI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN

Umi, Farihah (2020) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUKODADI KECAMATAN SUKODADI KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf.pdf

Download (250kB)

Abstraksi

ABSTRAK Umi Farihah. 2017. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas VII Di SMP Negeri I Sukodadi Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Dadang Kusbiantoro, S.Kep.,Ns.,M.Si (2) Lilis Maghfuroh, S.Kep.,Ns.,M.Kes. Menarche atau menstruasi pertama merupakan salah satu perubahan pubertas yang pasti di alami setiap perempuan. Permulaan menstruasi akan menjadi peristiwa yang traumatik bagi beberapa remaja putri yang tidak mempersiapkan dirinya terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap dalam menghadapi menarche siswi kelas VII di SMP N I Sukodadi kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Desain penelitian Analitik dengan metode Cross Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan populasi 35 dan sampel 33 responden. Dengan menggunakan kuesioner tertutup, Data dianalisis menggunakan uji Uji Spearman dengan pengujian spss. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruh siswi berpengetahuan cukup, dan sebagian besar memiliki sikap negatif. Uji statistik Spearman diperoleh p=0,000 (p<0,05) artinya ada hubungan pengetahuan dengan sikap dalam menghadapi menarhce Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya penyuluhan pada siswi tentang menstruasi agar lebih siap menghadapi menarche Kata Kunci : Pengetahuan, sikap siswi menghadapi menarche.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 15 Apr 2020 06:42
Last Modified: 15 Apr 2020 06:42
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item