GAMBARAN KEPUASAN PENGGUNA BPJS KELAS 1, KELAS 2 DAN KELAS 3 BERDASARKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI UNIT RAWAT INAP RSUD DR. SOEGIRI LAMONGAN

Ainun, Kholiqqul Anshori (2020) GAMBARAN KEPUASAN PENGGUNA BPJS KELAS 1, KELAS 2 DAN KELAS 3 BERDASARKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI UNIT RAWAT INAP RSUD DR. SOEGIRI LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (440kB)

Abstraksi

ABSTRAK Ainun,KA.2018. Gambaran Kepuasan Pengguna BPJS Kelas 1, Kelas 2 Dan Kelas 3 Berdasarkan Pelayanan Keperawatan Di Unit Rawat Inap RSUD dr. Soegiri Lamongan. Skripsi S1 keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) H.M. Bakri Priyodwi Atmaji,S.kep., M.kep (2) Suratmi,S.kep.,Ners.,M,Kep. BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan nasional, yang dalam pelaksanaan programnya tingkat kepuasan BPJS masih rendah. Kepuasan adalah perasaan konsumen yang yang merupakan hasil dari perbandingan kinerja produsen terhadap ekspektasi konsumen. Ada beberapa faktor penentu tingkat kepuasan salah satunya kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan adalah tingkat kinerja yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kualitas pelayanan memiliki lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penilaian kepuasan pengguna BPJS perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi peningkatan kinerja. Desain penelitian ini menggunakan metode Arithmetic Mean. Metode sampling yang digunakan adalah quotes purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 29 responden bpjs kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 di unit rawat inap RSUD dr. Soegiri kabupaten Lamongan, pada bulan juni. Data diambil dengan menggunakan kuesioner tertutup. Setelah ditabulasi data dianalisis menggunakan analisis tingkat kesesuaian Importance Performance dan Diagram Kertasius. Hasil penelitian menunjukan dimensi kualitas pelayanan kelas 1, 2 dan 3 belum sesuai karena tingkat kesesuaian dibawah 100% atau belum memuaskan. Area A diagram kertasius kelas 3 yaitu item A1, D2, B3, C3, dan C4. Área A kelas 2 yaitu A1, A3, C4, D2 dan D3. Area A kelas 1 yaitu A1,C1, D3, A4 dan B4. Área A diagram kertasius merupakan prioritas utama peningkatan kinerja. Kata Kunci : Kepuasan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 04 May 2020 01:56
Last Modified: 04 May 2020 01:56
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item