HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER V DI STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Yunita, Amallia (2020) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER V DI STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
bagian depan.pdf

Download (848kB)

Abstraksi

ABSTRAK Yunita, Amallia. 2018. Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester V Di STIKES Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) H. M. Bakri Priyodwi A, M.Kep. (2) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep Gaya Belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur, dan mengelola informasi yang diterima. Prestasi Akademik merupakan cerminan dari usaha belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan gaya belajar dengan prestasi akademik mahasiswa semester V di STIKES Muhammadiyah Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Dengan teknik Stratif Random Sampling. Sampel berjumlah 104 responden pada semester V di STIKES Muhammadiyah Lamongan. Data diambil menggunakan kuesioner tertutup dan observasi, dan dianalisis menggunakan uji koefisien Kontigenti. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar gaya belajar mahasiswa adalah gaya belajar Auditorial (68,3%), dan sebagian besar prestasi akademik mahasiswa pada kategori baik (98,6%). Didapatkan nilai C=0,422 dengan tingkat signifikan 0,000 (p<0,05) sehingga ada hubungan gaya belajar dengan prestasi akademik. Bedasarkan hasil tersebut diharapkan institusi pendidikan sejak awal perkuliahan mahasiswa mendapatkan sosialisasi dan pemahaman tentang gaya belajar, supaya mahasiswa bisa lebih mengenal gaya belajarnya. Kata kunci: Gaya Belajar, Prestasi Akademik

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 04 May 2020 02:37
Last Modified: 04 May 2020 02:37
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item