PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KELOMPOK B PERUMNAS MADE LAMONGAN

Elis, Wati (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KELOMPOK B PERUMNAS MADE LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

ABSTRAK Wati, Elis.2018. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Anak Usia Pra Sekolah Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kelompok B Perumnas Made Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Dadang Kusbiantoro, S. Kep., Ns. M.Si (2) Lilin Turlina, S. SiT., M.Kes. Media pembelajaran Mind Mapping merupakan suatu metode untuk memaksimalkan kemampuan anak dalam mengingat dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Pada survey awal, didapatkan sebagian besar anak mempunyai kemampuan mengingat yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media Mind Mapping terhadap meningkatnya daya ingat pada anak usia pra sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kelompok B Perumnas Made Lamongan. Penelitian ini menggunakan desain Pra-eksperimental (one group pre-test post-test). Sampling yang digunakan Simple Random Sampling dan jumlah sampel dalam penelitian adalah 37 anak usia pra sekolah. Proseduranalisis statistik menggunakan uji Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pada responden pre-test sebagian besar(54,1%) memiliki kemampuan mengingat cukup dan responden post-testhampir seluruhnya (83,8%) memiliki kemampuan mengingat baik. Pada uji statistik diketahui bahwa nilai z sebesar -4,850 dengan signifikan sebesar 0,000 dimana p<0,05 hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran mind mapping terhadap daya ingat anak usia pra sekolah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Mind Mapping dapat dilakukan di lingkungan anak usia pra sekolah khususnya dalam hal meningkatkan daya ingat anak. Kata kunci:Media Mind Mapping, Daya ingat, Anak pra sekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 05 May 2020 02:06
Last Modified: 05 May 2020 02:06
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item