Alfia, Izzati (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA CHOKING DEWASA DI SMK KESEHATAN IBNU SIENA BRONDONG LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Text
LAMPIRAN DEPAN .pdf Download (1MB) |
Abstraksi
ABSTRAK Izzati, Alfia. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pertolongan Pertama Pada Choking Dewasa Di SMK Kesehatan Ibnu Siena, Brondong, Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Farida Juanita, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Suratmi, S.Kep., Ns., M.Kep Choking merupakan kasus kegawatdaruratan yang berisiko kematian mendadak jika tidak segera dilakukan pertolongan. Tujuan penelitian ini mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap pengetahuan remaja tentang pertolongan pertama pada choking dewasa. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental one group pretest-posttest design, dengan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah 30 siswa di SMK Kesehatan Ibnu Siena, Brondong, Lamongan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari 2018 menggunakan kuesioner tertutup, dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest sebagian besar pengetahuan remaja adalah cukup sebanyak 63,3% sedangkan posttest hampir seluruhnya pengetahuan remaja adalah baik sebanyak 93,3%. Didapatkan nilai Z= -4,630 dengan tingkat signifikan 0,000 (p<0,05) artinya ada pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap pengetahuan remaja tentang pertolongan pertama pada choking dewasa di SMK Kesehatan Ibnu Siena, Brondong, Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan siswa dapat menerapkan pertolongan pertama pada choking dewasa sesuai yang sudah diajarkan. Kata kunci: Pengetahuan, Choking Dewasa, Think Pair Share
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | ?? sch_med ?? |
Depositing User: | Irwan Sulistyawan |
Date Deposited: | 05 May 2020 08:09 |
Last Modified: | 05 May 2020 08:09 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/688 |
Actions (login required)
View Item |