PENGARUH TERAPI BERMAIN PRETEND PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KABUPATEN LAMONGAN

SITI, NUR FARIDAH (2020) PENGARUH TERAPI BERMAIN PRETEND PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (842kB)

Abstraksi

ABSTRAK Faridah, Siti Nur. 2018. Pengaruh Terapi Bermain Pretend Play Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Retardasi Mental di SDLB Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Hj. Siti Sholikah., S. Kep., Ns., M.Kes. (2) Arifal Aris., S.Kep., Ns., M.Kes Retardasi mental merupakan suatu keadaan dimana perkembangan mental seseorang yang terhenti atau tidak lengkap atau bisa juga dikatakan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak seusianya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain pertend play terhadap perkembangan kognitif anak retardasi mental di SDLB Kabupaten Lamongan. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian ini adalah Quasy Experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan Pre-Post Tes Control Design, dengan teknik purposive sampling. Populasi sebagian siswa dan siswi yang mengalami retardasi mental di SDLB Kabupaten Lamongan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2018 dengan menggunakan alat ukur Observasi. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon pada Software SPSS (versi 16.0) didapatkan hasil Z = -3,542a dan p = 0,000 (p<0,05). Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga signifikasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest sebagian besar responden memiliki kognitif kurang sedangkan posttest hampir sebagian besar responden memiliki kognitif baik. Kata kunci: Retardasi Mental, Pretend Play, Kognitif

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 11 May 2020 03:04
Last Modified: 11 May 2020 03:04
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item