PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI (HIV/AIDS) DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

SITI, SUSIATI NINGSIH (2020) PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI (HIV/AIDS) DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (704kB)

Abstraksi

ABSTRAK Siti Susiati Ningsih. 2018. Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Pengetahuan Remaja Tetang Kesehatan Reproduksi (HIV/AIDS) di SMK Negeri 2 Lamongan. Dosen Pembimbing: (1) Heny Ekawati, S.Kep,Ns,M.Kes. Pembimbing (2) Hj.Ws.Tarmi,SST.S.Psi,M.M.Kes. Kasus HIV/AIDS di kalangan remaja masih tinggi karena pengetahuan remaja yang masih rendah. Pemberian pendidikan kesehatan dengan metode Snowball Throwing diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Snowball Throwing terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi (HIV/AIDS). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan non-equivalent control group. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 62 siswa. Data penelitian ini diambil dengan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan uji Mann Whitney p value=0,000 artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Snowball Throwing terhadap pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi (HIV/AIDS). Perawat diharapkan mampu menerapkan metode Snowball Throwing sebagai alternatif metode pendidikan kesehatan. Kata Kunci: Snowball Throwing, Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi (HIV/AIDS)

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 11 May 2020 03:29
Last Modified: 11 May 2020 03:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item