HUBUNGAN PELAYANAN PEMBERIAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BABAT

Vicki, Charachev Yusa Surgawa (2020) HUBUNGAN PELAYANAN PEMBERIAN OBAT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH BABAT. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
lampiran depan.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

ABSTRAK Surgawa, Vicki Charachev Yusa. 2018. Hubungan Pelayanan Pemberian Obat Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Babat. Skripsi. STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) M. Bakri P.D.A., M.Kep. (2) Ns. Suratmi, M.Kep. Pelayanan pemberian obat yang baik dapat dilihat dengan terpenuhinya fasilitas dan peralatan, informasi obat yang diberikan dan pengkajian penggunaan obat, hal ini yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien yang tinggi meningkatkan citra dari Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Pelayanan Pemberian Obat Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Babat. Desain penelitian menggunakan metode analitik korelasional dengan pendekatan Cross sectional, Populasi mengambil seluruh Pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Babat sebanyak 80 pasien di bulan Januari 2018. Teknik penelitian menggunakan Random Sampling. Instrumen penelitian dengan kuesioner, pengumpulan data, kemudian dilakukan editing, coding, tabulating, scoring dan dianalisis menggunakan uji Spearman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dari 80 pasien menunjukkan bahwa sebagian besar sebanyak 55(68.8%) menilai pelayanan pemberian obat baik dan 6 (7.5%) pasien menilai pelayanan pemberian obat kurang baik. Hasil uji Spearman didapatkan dimana rs 0,518 dan p = 0,000 dengan p < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima berarti terdapat hubungan Pelayanan Pemberian obat Dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan. Hendaknya untuk dapat meningkatkan pelayanan pemberian obat petugas harus lebih memperhatikan prinsip pelayanan pemberian obat agar dapat meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci: Pelayanan Pemberian Obat, Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 11 May 2020 06:30
Last Modified: 11 May 2020 06:30
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item