PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKR DI SMK SABILUL MUTTAQIN DESA MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO

Vionita, Uswatun Nisa’ (2020) PENGARUH SENAM OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKR DI SMK SABILUL MUTTAQIN DESA MARGOAGUNG SUMBERREJO BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

ABSTRAK Vionita, UN. 2018. Pengaruh Senam Otak (Brain Gym) Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas XI Jurusan TKR Di SMK Sabilul Muttaqin Desa Margoagung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Program S1 Keperawatan, STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Moh. Saifudin, S.Kep., Ns., S.Psi., M.Kes. (2) Abdul Rokhman, S.Kep., Ns., M.Kep. Keberhasilan proses belajar dipengaruhi adanya kemampuan dan semangat individu dalam melaksanakan kegiatan belajar. Terkait dengan hal tersebut kejenuhan belajar merupakan masalah serius yang perlu diperhatikan. Brain Gym merupakan metode yang tepat dalam penanganan hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap kejenuhan belajar siswa kelas XI jurusan TKR di SMK Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo Bojonegoro. Desain penelitian ini yaitu Pra-experimental Design dengan pendekatan one group pre-test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh siswa kelas XI jurusan TKR Di SMK Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 34 siswa dengan teknik sampling yaitu simple random sampling, diperoleh sampel sebanyak 32 siswa. Instrument menggunakan Kuesioner Burnout. Setelah ditabulasi dan dianalisa menggunakan uji paired T dengan nilai ρ<0,05. Hasil pengujian statistik diperoleh nilai t hitung= 7.274 dan t tabel= 2.042 dengan tingkat signifikan 0.000 (ρ<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kejenuhan belajar sebelum diberikan senam otak dengan skor rata-rata 32.28 dengan kategori kejenuhan sedang dan sesudah diberikan senam otak mengalami penurunan dengan skor rata-rata 21.63 dengan kategori kejenuhan rendah. Sehingga artinya ada pengaruh senam otak terhadap kejenuhan belajar siswa kelas XI jurusan TKR Di SMK Sabilul Muttaqin Sumberrejo Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian ini, ternyata memang senam otak mampu mengatasi kejenuhan belajar siswa sehingga senam otak dapat diaplikasikan oleh siswa sebelum maupun setelah proses pembelajaran. Kata Kunci : Senam Otak, Kejenuhan, Siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 11 May 2020 06:32
Last Modified: 11 May 2020 06:32
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item