PENGARUH TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

CHARISMA, TIARA SENDY (2020) PENGARUH TERAPI PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
1 bagian awal.pdf

Download (547kB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Sendy, Charisma Tiara, 2019. Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarga Terhadap Kemandirian Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sehari-Hari Anak Retardasi Mental Di SDLB Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : (1) Siti Sholikhah, S.Kep.,Ns.,M.Kes (2) Arifal Aris, S.Kep.,Ns.,M.Kes Anak dengan retardasi mental mengalami ketergantungan pada orang tua dalam melakukan kebutuhan sehari-hari seperti dalam hal kemandirian merawat diri sehingga terapi yang dapat diberikan yaitu dengan terapi psikoedukasi keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari anak retardasi mental di SDLB Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Desain penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan pendekatan One Group Pra Test-Post Test Design. Teknik Non probability sampling jenis total sampling dengan total 19 sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemandirian, kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian dari 19 sampel yang diberi psikoedukasi keluarga mengalami perubahan, responden yang ketergantungan berat (5,3%), sedang (26,3%), ringan (68,4%), dengan uji Wilcoxon hasil di diperoleh nilai sig p = 0,001 dimana p lebih kecil dari standart α (0,05) artinya ada pengaruh terapi psikoedukasi keluarga terhadap kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari anak retardasi mental. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terapi psikoedukasi keluarga dapat dijadikan sebagai salah satu terapi dalam memandirikan anak retardasi mental. Terapi psikoedukasi keluarga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian, terutama kemampuan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Kata kunci: Kemandirian merawat diri, Terapi Psikoedukasi Keluarga, Retardasi Mental

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian merawat diri, Terapi Psikoedukasi Keluarga, Retardasi Mental
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 12 May 2020 03:49
Last Modified: 31 Oct 2021 08:28
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item