HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PELAKSANAAN SADARI PADA WUS DI BPS NY. KHUSNAWATI DESA LAJU LOR KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

AYU, DESTY PRAMESTY (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PELAKSANAAN SADARI PADA WUS DI BPS NY. KHUSNAWATI DESA LAJU LOR KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (655kB)

Abstraksi

ABSTRAK SADARI merupakan suatu cara yang dilakukan oleh wanita untuk memeriksa payudara sendiri sehingga dapat diketahui secara dini bila ada kelainan pada payudara. Berdasarkan data survei awal didapatkan 80% WUS yang tidak melakukan SADARI. Masalah dalam penelitian adalah masih banyaknya WUS yang tidak melakukan SADARI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan pelaksanaan SADARI pada WUS di BPS Ny. Khusnawati desa Laju Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Desain penelitian menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional, Populasi adalah Semua WUS di BPS Ny. Khusnawati desa Laju Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Besar sample 45. Sampling menggunakan teknik simple random sampling. Variabel Independen yaitu Tingkat pendidikan dan Variabel dependen yaitu Pelaksanaan SADARI. Intrumen penelitian menggunakan kuesioner dan cheklist. Data kemudian di uji statistik menggunakan uji spearmen rho dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (53,3%) WUS berpendidikan dasar, sebagian besar (64,4%) WUS tidak melakukan SADARI. ada hubungan tingkat pendidikan WUS dengan pelaksanaan SADARI di BPS Ny. Khusnawati desa Laju Lor Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban, dengan ρ=0,000. Dari hasil penelitian petugas kesehatan dapat melakukan upaya promotif seperti penyuluhan kepada WUS tentang SADARI dan dapat diterapkan setiap bulannya untuk mendeteksi dini kanker payudara. Kata kunci: Tingkat pendidikan, WUS, SADARI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 16 Mar 2020 02:52
Last Modified: 16 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item