PENGARUH PEMBERIAN METODE STORYTELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA BULUBRANGSI LAREN LAMONGAN

KHARISAH, AYUNI (2018) PENGARUH PEMBERIAN METODE STORYTELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA BULUBRANGSI LAREN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
BAGIAN AWAL new.pdf

Download (713kB)

Abstraksi

ABSTRAK Kharisah Ayuni. 2019 Pengaruh Pemberian Metode Storytelling Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah DiTk Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Bulubrangsi Laren Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing. (1) Dadang Kusbiantoro, S.Kep.Ns M.Si, MM (2) Sylvi Harmiardillah, S.Kep.., Ns, M,Kep Bahasa merupakan salah satu komunikasi penting bagi manusia dalam pemerolehan kata. Dengan metode belajar yang sederhana. Perilaku manusia nampaknya mempunyai impuls yang dibawa sejak lahir untuk menceritakan perasaan dan pengalaman-pengalaman yang mereka alami melalui bercerita. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perkembangan sebelum dan sesudah diberikan metode Storytelling. Metode penelitian ini adalah pra eksperimen, dengan one group pre test-post test design. Populasinya seluruh murid sebanyak 42 murid. Sampel 38 murid diambil dengan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi DDST (Denver Development Screnning Test) dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik wilcoxon sign rank test dengan nilai p≤0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian (55,3%) anak kemampuan bahasanya baik setelah diberikan metode Storytelling. Hasil uji statistik diperoleh p≤0,025 atau p≤0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan antara pemberian metode belajar bahasa Storytelling di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Bulubrangsi Laren Lamongan. Berdasarkan penelitian ini, maka perlu diberikan berbagai metode belajar bahasa yang salah satunya dengan metode belajar yang menyenangkan bercerita/ Storytelling. Kata kunci : Metode Storytelling, perkembangan bahasa anak, usia prasekolah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE STORYTELLING
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: ?? sch_med ??
Depositing User: Admin
Date Deposited: 20 May 2020 03:44
Last Modified: 10 Nov 2020 06:50
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item