Yuliana, Yuliana (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TENTANG RESIKO TERJADINYA CEDERA DI SDN 1 BAURENO BOJONEGORO TAHUN 2019. Jurnal Surya, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 1979-9128
Text
JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstraksi
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TENTANG RESIKO TERJADINYA CEDERA DI SDN 1 BAURENO BOJONEGORO TAHUN 2019 Yuliana*, Farida Juanita**, Isni Lailatul Maghfiroh*** ABSTRAK Pendidikan kesehatan di sekolah penting diterapkan untuk mengurangi resiko cedera yang terjadi pada anak. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang resiko terjadinya cedera di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan anak tentang resiko terjadinya cedera di SDN 1 Baureno Bojonegoro. Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Postest dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden 36 anak. Data diambil sebelum dan sesudah intervensi dengan menggunakan kuesioner.Pada penelitian ini menunjukkan responden yang memiliki nilai cukup sebelum dilakukan pendidikan kesehatan yaitu (55,6%) dan responden yang memiliki nilai baik sesudah dilakukan pendidikan kesehatan yaitu (61,1%). Hasil penelitian menunjukkan nilai P= 0,000 (P<0,05) sehingga dapat diartikan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan anak tentang resiko terjadinya cedera. Melihat hasil tersebut, maka perlu adanya upaya meningkatkan pengetahuan resiko cedera dengan menggunakan metode yang lebih efektif sehingga dapat mengurangi resiko cedera pada anak. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Resiko Cedera
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pengetahuan, Resiko Cedera |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Admin |
Date Deposited: | 09 Jun 2020 03:20 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 03:41 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/969 |
Actions (login required)
View Item |