PENGARUH KEGIATAN MERONCE MELALUI MEDIA KERTAS DAN SEDOTAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA WERU PACIRAN LAMONGAN

Roihatul, Jannah (2020) PENGARUH KEGIATAN MERONCE MELALUI MEDIA KERTAS DAN SEDOTAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA WERU PACIRAN LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 1979-9128

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (238kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA WERU PACIRAN LAMONGAN Roihatul Jannah*, Dadang Kusbiantoro., S.Kep., Ns., M.Si. **, Ati’ul Impartina, SST,M.Kes. *** ABSTRAK Periode penting tumbuh kembang anak adalah masa balita, karena pertumbuhan dasar akan mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Perkembangan motorik halus anak ditandai dengan kelebihan menggunakan jari-jemari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental one grup pretest-posttes design dengan uji wilcoxon. Sampel yang diambil sebanyak 41 responden yaitu anak kelompok B. Teknik sampling adalah Simple random sampling. Variabel independent adalah kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan dan variabel dependent adalah perkembangan motorik halus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh anak mengalami perubahan sesudah diberikan kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan. Hasil uji statistik didapatkan nilai Z=-5,099b dengan = 0,000, dimana <0,05 sehingga H ditolak. Artinya ada pengaruh kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan terhadap perkembangan motorik halus pada anak kelompok B. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan anak kelompok B dapat menggunakan stimulus kegiatan meronce melalui media kertas dan sedotan untuk menstimulasi perkembangan motorik halus. Kata Kunci: Meronce Kertas Dan Sedotan, Perkembangan Motorik Halus. ABSTRACT The important period of child development is toodlerhood, because basic growth will influence the child’s next development. The child’s fine motor development is characterized by the excess of using fingers. The purpose of this study was to determine the effect of meronce activities through paper media and straws on fine motor development in group B children. The design of this study used a pre experimental one group pretest-posttes design with wilcoxon test. The samples taken were 41 respondents namely group B children. The sampling technique is simple random sampling. Independent variables are meronce activities through paper media. The variable dependent is fine motor development. The results of this study indicate that almost all children experience changes after being given meronce activities through paper and straw. The statistical test results are obtained Z= -5,099b with =0,000 where <0,05 so that H0. This means that there is the influence of meronce activities through paper and straw media on fine motor development in group B children. Based on these results, it is expected that group B children can use stimulate activities through paper and straw media to stimulate fine motor development. Keywords: Paper Meronce and Straw.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Paper Meronce and Straw
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:10
Last Modified: 05 Nov 2021 05:49
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item