PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN

Mey Lutfiyatin, Nisa’ (2021) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (1). pp. 1-11. ISSN 1979-9128

[img] Text
4. JURNAL.pdf

Download (187kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK ISLAM TERPADU CENDEKIA LAMONGAN Mey Lutfiyatin Nisa’*, Lilis Maghfuroh, S Kep., Ns., M Kes.**, Hj. Andri Tri Kusumaningrum, S.SiT., M.Kes.*** ABSTRAK Perilaku emosional merupakan reaksi yang muncul terhadap hal yang berhubungan dengan reaksi fisiologis, perasaan, perubahan perilaku yang tampak, dan anak cenderung mengekspresikan emosinya dengan bebas dan terbuka.Untuk mengatasi perilaku emosional anak prasekolah bisa distimulus dengan permainan tradisional engklek. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental one group pretest-posttest design. Metode sampling yang digunakan adalah Simple random sampling. Populasi sebanyak 59 anak usia prasekolah di TKIT Cendekia Lamongan dilakukan setelah pemberian perlakuan kemudian diberikan lembar Kuesioner Masalah Perilaku Emosional (KMPE) kepada orang tua, selanjutnya dikumpulkan dan diacak peneliti sampai memperoleh sampel yang diharapkan sebanyak 52 anak pada bulan maret 2019. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner tertutup. Setelah ditabulasi data kemudian dianalisis menggunakan Uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan permainan tradisional engklek dari sebagian besar anak memiliki perkembangan perilaku emosional Normal yaitu 38 anak (73,1%) menjadi hampir seluruhnya anak memiliki perkembangan perilaku emosional Normal sesudah diberikan permainan tradisional engklek yaitu 43 anak (82,7%). Sedangkan hasil pengujian statistik diperoleh ada pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan perilaku emosional anak prasekolah dengan nilai Z sebesar -2,236b dengan tingkat signifikan 0,025 (p <0,05). Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya stimulus permainan tradisional engklek agar dapat meningkatkan perkembangan perilaku emosional anak prasekolah Kata kunci : Perkembangan Perilaku Emosional, Permainan Tradisional Engklek Anak Prasekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Perilaku Emosional, Permainan Tradisional Engklek Anak Prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:34
Last Modified: 22 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item