HUBUNGAN ADDIKSI GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X SMKN 2 LAMONGAN

Aulia Rahma, Nur Mufida (2020) HUBUNGAN ADDIKSI GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X SMKN 2 LAMONGAN. jurnal Surya, 1 (1). pp. 1-8. ISSN 1979-9128

[img] Text
jurnal.pdf

Download (232kB)
Official URL: http://jurnal.umla.ac.id/index.php/Js/index

Abstraksi

HUBUNGAN ADDIKSI GAME ONLINE DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN KELAS X SMKN 2 LAMONGAN Aulia Rahma Nur Mufida1, Moh. Saifudin2, Abdul Rokhman3 1Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan 2,3Dosen Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan Prestasi belajar dapat di ketahui oleh beberapa faktor, yakni faktor internal dan eksternal.Game online merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan addiksi game online dengan prestasi belajar siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan kelas X di SMKN 2 Lamongan. Desain penelitian menggunakan korelasi analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi siswa kelas X jurusan TKJ di SMKN 2 Lamongan yang bermain game online sebanyak 72 siswa kemudian di ambil sampel dengan menggunakan simpel random sampling dan mendapatkan sampel 61 siswa yang bermain game online. Intrumen penelitian ini menggunakan kuosioner, analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil menunjukan tingkat prestasi belajar siswa lebih dari sebagian besar siswa memiliki nilai yang baik sebanyak 35 siswa (57,4%), tingkat addiksi game online hampir sebagian yaitu 30 siswa (49,2%) mengalami tingkat addiksi sedang. Berdasarkan hasil uji spearman rank didapatkan nilai 0,645 dengan signifikan P<0,001 (P<0,005) artinya ada hubungan addiksi game online dengan prestasi belajar siswa jurusan teknik komputer jaringan kelas X di SMKN 2 Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian ini pengontrolan waktu untuk bermain game online sangat diperlukan bagi siswa untuk mempertahankan prestasi belajar yang dimiliki. Kata Kunci : Addiksi Game Online, Prestasi Belajar, Siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Addiksi Game Online, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 11 Jun 2020 02:41
Last Modified: 09 Nov 2021 07:17
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item